Hubungan semotika dengan kamera sony a7

Dalam kehidupan sehari – hari secara tidak kita sadari, ada banyak sekali semiotika atau tanda di sekitar kita. Dari suatu hal yang kecil, bahkan hingga suatu hal yang luar biasa bisa menjadi tanda atau penanda. Sebagai contoh semiotika dalam kehidupan sehari – hari saya adalah kamera multiguna saya ini.




        Kamera sony a7 ini sudah menemani kegiatan foto dan vidio saya selama saya masih duduk di bangku sma dulu tahun 2018, kamera ini bukan hanya sekedar alat saja, melainkan lebih dari itu, sudah berbagai kegiatan , pekerjaan , atau hanya sekedar mengisi waktu luang, banyak sekali momen momen yang sangat berharga telah diciptakan oleh kamera saya ini, mungkin sampai saat ini masih saya gunakan, banyak sekali kendala mesin yang terjadi dengan kamera ini, seperti monitor nya mati, lensa nya tidak bisa fokus, dan masih banyak lagi kendala yang baru baru ini saya rasakan, ya wajar saja , berkendala karna sering digunakan , bahkan hampir tiap hari, pasti saya gunakan hehe. 

        Ya harapan saya mungkin ingin segera mengupgrade kamera saya ini atau membeli kamera yang lebih canggih lagi seperti a7ii atau a7iii , tapi apa daya saya yang belum bisa menyisihkan uang lebih bijak lagi , tapi sayang juga bila harus membeli yang baru , kalau kamera ini masih berfungsi secara normal.

        Dalam semiotika yang dipopulerkan oleh Charles Sanders pierce mengemukakan teori segitiga makna atau meaning triangle. Segitiga makna ini berisi dari tiga elemen utama, yakni tanda (sign), object, dan interpretant. Tanda menurut Peirce terdiri dari Simbol (tanda yang muncul dari kesepakatan), Ikon (tanda yang muncul dari perwakilan fisik) dan Indeks (tanda yang muncul dari hubungan sebab-akibat). Objek atau acuan tanda adalah konteks sosial yang menjadi referensi dari tanda atau sesuatu yang dirujuk tanda. Interpretant atau pengguna tanda adalah konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda dan menurunkannya ke suatu makna tertentu atau makna yang ada dalam benak seseorang tentang objek yang dirujuk sebuah tanda.


Kamera saya adalah sebagai contoh semiotika dalam kehidupan sehari – hari. Pada element sign (tanda) kita isi dengan kata atau nama objeknya yaitu “Kamera Sony A7”. Selanjutnya pada element object (objek) kita isi dengan bendanya atau objeknya sendiri yaitu Kamera. Berikutnya pada element interpretant (tafsiran) kita isi dengan tafsiran sepatu yang biasanya adalah fungsi dari benda tersebut yaitu sebagai alas kaki. Dalam semiotika ini adalah waktu kamera saya sedang sehat wallafiat. Jika dengan Kondisi yang sekarang semiotika element interpretantnya adalah hasil dokumentasi dari vidio dan poto.



       Demikian dari cerita kamera terbaik  saya yang  diterapkan dalam semiotika. Tidak hanya Kamera, Pasti ada banyak lagi hal lainnya dalam kehidupan sehari – hari kita yang bisa menjadi “tanda” atau “penanda”. Cukup sekian yang bisa saya sampaikan, saya ucapkan Terima Kasih.




Comments

Popular posts from this blog